Mengenai Investasi Dan Trading Yang Banyak Digandrungi

Mengenai Investasi Dan Trading Yang Banyak Digandrungi

Mengenai Investasi Dan Trading Yang Banyak Digandrungi – Pada dunia investasi juga dikenal akan istilah trading, terutama untuk yang memilih saham sebagai instrumen dalam investasinya. Trading adalah bentuk investasi keuangan yang memiliki sifat aktif. Yang dimana setiap pemodal akan turut serta melakukan transaksi di dalam pasar. Sedangkan untuk investasi memiliki arti umum yaitu suatu aktivitas dalam menanamkan, membeli saham, ataupun bertransaksi di dalam pasar keuangan. Investasi memiliki sifat yang lebih luas dalam cakupannya jika dibandingkan dengan trading. Yang mana investor bisa membeli bidang tanah yang sudah tidak ditempati untuk dijual ketika harga tanah mengalami peningkatan, investor yang mana dalam kata lain hanya menunggu ataupun pasif.

Sederhananya perbedaan pada investasi dan trading yaitu jika investasi memiliki tujuan untuk dapat menciptakan kekayaan dalam jangka waktu yang panjang dengan membeli berbagai perusahaan bagus dan menahannya di jangka waktu yang lama. Dan untuk trading memiliki tujuan untuk dapat menghasilkan keuntungan dengan membeli dan juga menjual saham. Jangka waktu untuk berinvestasi memiliki jangka waktu yang panjang dan banyak nya itu bahkan bisa mencapai beberapa dekade. Sedangkan jangka waktu dalam trading merupakan jangka waktu yang pendek. Bisa dalam beberapa menit, jam, hari, atau pun dalam hitungan minggu.

Contoh dalam investasi yaitu jika membeli saham pada hari ini dan berkomitmen untuk memegang saham tersebut selama tiga tahun ke depan. Maka para investor harus yakin bahwa harga saham ini akan memiliki nilai yang jauh lebih tinggi jika telah melawati tiga tahun. Dan untuk contoh trading yaitu jika membeli saham di pagi hari dan memiliki komitmen untuk menjual saham pada malam hari yang mana akan dilakukan sebelum pasar tutup di hari yang sama. Di sini harus yakin bahwa akan mendapatkan keuntungan dengan perbedaan pada harga jual dan beli.

Perbandingan Dasar Pada Investasi Dan Trading

Berdasarkan segi pada tujuan investasi dapat bertujuan untuk dapat menciptakan kekayaan untuk waktu yang lama dengan cara membeli ataupun menahan. Sedangkan untuk trading memiliki tujuan untuk dapat menghasilkan keuntungan dengan cara yaitu membeli ataupun menjual saham. Jika terjadi fluktuasi pada pasar harian, hal ini tentu saja tidak akan memengaruhi para investor karena disini bertujuan melakukan investasi untuk jangka waktu yang panjang. Sementara untuk para trader cenderung akan mendapatkan keuntungan dari fluktuasi pada pasar harian dengan membeli dan juga menjual saham.

Di sini para investor dapat menikmati fasilitas berbagai hal seperti bonus, dividen, pemecahan saham, dan juga lain nya. Di sini para trader yang memegang saham hanya bertujuan untuk interval pendek sehingga tidak akan bisa menikmati fasilitas ini. Perbandingan mendasar dari kedua hal ini pun terkait pada pelindungnya. Bagi para investor, berinvestasi di perusahaan yang memiliki fundamental kuat yang dimana akan bangkit kembali ke nilai sebenarnya seiring dengan waktu dan segala kerugian pun akan dipulihkan. Sementara untuk para trader akan menggunakan stop loss untuk bisa membatasi kerugian.

Investasi disini tentu saja dapat berjangka panjang hingga tiga tahun atau ataupun hingga berdekade. Sedangkan untuk trading berjangka pendek seperti dalam jangka harian atau pun mingguan. Strategi investor yaitu dapat menciptakan kekayaan berupa bunga majemuk ataupun dividen, sedangkan untuk para trader akan bergantung pada waktu pasar, sehingga harus jeli untuk dapat menemukan waktu yang tepat untuk masuk dan keluar saham.

Dari faktor risiko nya pun perbedaannya sangat jauh. Investasi memiliki resiko yang rendah tapi potensi pengembalian nya juga rendah di dalam jangka waktu yang pendek. Dan pengembalian akan bagus untuk yang berjangka panjang. Trading kebalikan nya memiliki risiko yang tinggi tetapi potensi pengembalian yang lebih tinggi untuk yang berjangka pendek. Faktor yang mempengaruhi pendekatan pada investasi menjadi dasar pada bisnis yaitu pada bidang industri, ekonomi, keuangan, pasar, dan pesaing. Sementara pada bagian trading terletak pada indikator teknis, lalu psikologi pasar, pengelolaan uang, dan juga imbalan risiko.

Perbedaan Pada Investasi Dan Trading

Adapun perbedaan pada kedua nya yaitu :

  • Prinsip

Seorang investor akan memiliki prinsip buy and hold ketika melakukan investasi. Buy and hold yang menganrtikan bahwa investor akan membeli ataupun menahan saham untuk jangka waktu yang panjang. Jangka waktu tersebut tentu nya tidaklah menentu. Akan tetapi biasanya para investor akan menjual sahamnya ketika tujuan investasinya sudah terpenuhi. Seperti contoh para investor akan menargetkan dengan menjual saham X ketika sudah mengalami kenaikan sebesar 25%. Maka, ketika saham yang dimilikinya sudah menyentuh target tersebut, ia pun akan segera menjualnya. Hal itu berbeda dengan yang melakukan trading. Mereka akan memiliki prinsip buy and sell. Para trader ini akan menjual saham yang dimiliki dalam jangka waktu yang pendek. Para trader dapat membeli dan menjual saham di hari yang sama. Biasanya pun seorang trader akan mengharapkan keuntungan yang lebih tinggi daripada investasi.

  • Analisis

Seorang investor akan menahan saham yang dimiliki dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu analisis yang digunakan pun akan lebih cenderung ke arah analisis fundamental. Investor akan fokus pada fundamental perusahaan yang dipilih. Analisis yang lebih banyak digunakan dalam trading adalah jenis analisis teknikal. Analisis ini diharapkan dapat membantu para trader untuk melihat pergerakan saham nya di dalam jangka waktu pendek. Hal itu tentu nya disebabkan karena trading lebih sensitif terhadap sentimen ataupun kondisi pasar daripada fundamental perusahaan.

  • Resiko

Pada investasi akan memiliki risiko yang lebih rendah dibandingakan dengan trading. Alasannya yaitu investor akan lebih selektif dalam memilih saham. Dan cenderung memilih saham blue chip atau pun saham kelas satu. Saham ini sudah dikenal dan terbukti memiliki performa yang luar biasa. Untuk trading tentu saja memiliki risiko yang lebih tinggi. Biasanya para trader akan memilih saham kelas tiga atau pun saham yang baru melantai di bursa. Saham saham ini dimana cenderung lebih fluktuatif.

  • Keuntungan Yang Di Dapat

Di dalam investasi keuntungan yang bisa didapatkan berasal dari pertambahan nilai pada instrumen investasinya. Jika berinvestasi pada saham maka bisa mendapat keuntungan dari nilai saham yang bertambah, dividen, bonus, dan yang lain nya. Sedangkan untuk trading keuntungan yang bisa didapatkan akan berasal dari selisih harga pada nilai beli dan juga jual saham.

By admin