Resiko Dan Keuntungan Dalam Investasi Saham Atau Crypto

Resiko Dan Keuntungan Dalam Investasi Saham Atau Crypto

Resiko Dan Keuntungan Dalam Investasi Saham Atau Crypto – Saat ini terdapat banyak pilihan yang dapat digunakan para investor untuk berinvestasi. Mulai dari yang bersifat konvensional hingga yang digital. Dari sejumlah instrumen itu, investasi pada saham dan juga aset kripto menjadi pilihan yang paling banyak diminati. Kedua jenis ini tergolong sangat mudah untuk bisa didapatkan. Di karenakan dapat diakses dengan mudah secara online. Dan juga informasi yang lebih mudah untuk diperoleh dan yang paling penting memiliki pertumbuhan akan nilai yang sangat menjanjikan.

Saat membeli saham berarti dapat membeli dari sebagian kecil kepemilikan atas sebuah perusahaan. Sementara ketika membeli sebuah aset kripto artinya berinvestasi pada mata uang atau aset kripto tertentu, bukan berinvestasi pada sebuah perusahaan. Hal ini menyerupai seperti berinvestasi pada emas atau pun valuta asing, tetapi dalam versi digital dan teknologi yang lebih modern dan canggih. Aset kripto yang merupakan model investasi yang maish tergolong baru. Bahkan Bitcoin, yang merupakan aset terbesar dimana merupakan jenis pertama yang diciptakan baru muncul di tahun 2009. Hal ini pun menjadikan aset pada kripto menjadi ranah baru yang belum tereksplorasi sekaligus area bereksperimen dan juga menemukan faktor yang dinilai paling berkontribusi terhadap setiap pergerakan harga aset kripto.

Investasi saham yang mana sudah dikenal cukup lama sehingga jenis ini terdengar lebih akrab di telinga para investor. Karena eksistensinya yang sudah cukup lama, investasi saham tentu saja memiliki kredibilitas dan reliabilitas yang lebih tinggi di dalam pandangan oleh para investor. Para investor dapat membeli saham dari broker saham secara langsung. Peredaran saham pun terdapat di pasar saham yang peredarannya diatur dan diawasi oleh pihak tertentu. Sedangkan untuk kripto bisa diperoleh dengan cara mining. Pada aset kripto pemain memiliki kontrol penuh terhadap investasi pilihan nya. Peredaran aset kripto pun dapat dilakukan tanpa perantara. Pasar kripto dikenal lebih volatil jika dibandingkan dengan pasar saham. Yang berarti harga dapat naik atau turun dalam jangka waktu yang pendek.

Keuntungan Investasi Saham Atau Crypto

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi baik itu di dalam saham ataupun crypto tentu saja penting untuk bisa mengetahui beberapa keuntungan yang akan didapatkan dari investasi tersebut. Dan keuntungan nya antara lain :

Keuntungan Dalam Investasi Saham

  1. Dividen : Dalam berinvestasi di saham akan memiliki potensi untuk bisa mendapatkan dividen. Dividen sendiri disini merupakan sebagian keuntungan perusahaan yang akan dibagikan untuk para pemegang saham. Meskipun tidak semua perusahaan akan membayar dividen, tetapi banyak yang melakukannya terutama dapat ditemukan pada perusahaan yang sudah mapan dan stabil.
  2. Kenaikan Pada Harga Saham : Investasi pada saham juga akan menawarkan potensi kenaikan pada harga saham. Untuk perusahaan yang diinvestasikan sahamnya tumbuh dan berhasil, makan harga saham kemungkinan akan mengalami peningkatan, sehingga akan memberikan keuntungan bagi pemilik saham nya.
  3. Diservikasi : Yang mana ini merupakan keuntungan penting dalam perbedaan investasi pada saham dan crypto. Diversifikasi akan membantu dalam mengurangi risiko investasi dengan cara menyebarkan investasi ke berbagai sektor dan juga perusahaan.

Keuntungan Dalam Investasi Crypto 

  1. Potensi Kenaikan Harga : Keuntungan pertama yang dapat terlihat yaitu pada potensi kenaikan harga di crypto. Seiring berjalan nya waktu beberapa cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum akan mengalami kenaikan harga yang signifikan, sehingga tentu saja akan memberikan keuntungan untuk para investor nya.
  2. Transaksi Yang Cepat Dan Murah : Cryptocurrency akan menawarkan kecepatan dalam hal bertransaksi dan juga biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan metode pembayaran tradisional, seperti menggunakan transfer bank atau pun kartu kredit.
  3. Desentralisasi : Keuntungan lain dari jenis investasi crypto dalam perbedaan yaitu mengenai desentralisasi. Hal ini dikarenakan cryptocurrency tidak diatur oleh pemerintah atau pun lembaga keuangan lainnya. Sehingga ini menjadikan para investor memiliki kontrol lebih besar untuk setiap aset yang dimiliki dan tidak perlu khawatir tentang intervensi pemerintah ataupun inflasi.

Resiko Pada Investasi Saham Maupun Crypto

Selain dilihat dari keuntungan nya. Tentu saja masing masing investasi juga memiliki resiko nya masing masing. Dan beberapa resiko tersebut diantara nya yaitu :

Resiko Dalam Investasi Saham

  • Pasar

Salah satu risiko dalam investasi saham yaitu dalam hal risiko pasar. Harga saham yang dapat berfluktuasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kondisi ekonomi global, perubahan suku bunga, atau pun sentimen pada pasar.

  • Resiko Pada Perusahaan

Risiko perusahaan disini juga perlu untuk diperhitungkan. Kinerja perusahaan yang akan diinvestasikan sahamnya tentu saja akan mempengaruhi harga saham. Jika perusahaan tersebut mengalami penurunan kinerja, maka harga saham kemungkinan akan mengalami penurunan. Sehingga ini tentu nya akan mengurangi nilai investasi yang sudah diberikan.

  • Likuiditas

Meskipun saham umumnya likuid, beberapa saham mungkin akan menjadi lebih sulit untuk dijual daripada yang lain nya. Dalam hal perbedaan saham dan juga crypto, likuiditas saham mungkin akan menjadi risiko jika ingin menjual saham dengan cepat.

Resiko Dalam Investasi Crypto

  • Volatilitas Pada Harga

Salah satu resiko nya merupakan volatilitas harga. Harga pada cryptocurrency yang dapat  berubah secara dramatis di dalam waktu yang singkat, sehingga dapat membuat investasi menjadi lebih beresiko dibandingkan jika berinvestasi pada saham.

  • Resiko Keamanan

Resiko keamanan juga menjadi perhatian utama yang perlu diketahui. Aset digital seperti cryptocurrency tentu saja sangat rentan terhadap peretasan, pencurian, dan juga kehilangan akibat dari kesalahan manusia. Penting untuk dapat mengamankan kunci privacy masing masing dan juga menggunakan praktik keamanan yang lebih baik untuk dapat melindungi investasi.

  • Kurang nya Regulasi

Meskipun desentralisasi menjadi keuntungan dalam investasi cryptocurrency, kurangnya regulasi ini juga menjadi risiko dalam investasi crypto. Kurangnya regulasi bisa mengakibatkan penipuan, manipulasi pasar, dan juga ketidakstabilan pada harga.

By admin