Pengertian Dan Manfaat Blockchain Pada Investasi

Pengertian Dan Manfaat Blockchain Pada Investasi

Pengertian Dan Manfaat Blockchain Pada Investasi – Perkembangan pada aset kripto yang dimana semakin marak diminati oleh kalangan masyarakat. Adanya kripto ini tentu saja tidak terlepas dari teknologi yang bernama blockchain. Teknologi blockchain ini yang kemudian mendasari setiap perkembangan pada aset-aset digital kripto seperti bitcoin, Ethereum, hingga NFT (Non Fungible Token).

Blockchain memiliki arti sebagai sebuah rantai blok. Blockchain disini bisa didefinisikan sebagai daftar blok yang mana akan terus bertambah. Dan setiap blok ini akan dihubungkan dengan hash pada blok sebelumnya. Sebuah blok akan terdiri dari sekumpulan transaksi dengan penanda waktu dan juga hash dari blok sebelumnya.

Pengertian dari blockchain juga bisa menjadi suatu sistem dalam hal penyimpanan transaksi digital. Blockchain ini melakukan sejumlah pencatatan secara permanen terhadap setiap transaksi yang telah dilakukan. Sistem tersebut akan terletak di dalam database publik yang dimana disebut dengan ledger atau yang berarti buku besar. Dan buku ini memiliki sifat yang terdistribusi yang berarti transaksi yang disimpan dalam sebuah blok dan tersebar di jaringan peer-to-peer. Yang nanti nya di mana setiap node ini akan menyimpan salinan buku besar. Sebagai pusat dari database, blockchain pun dirancang guna bertujuan untuk menyimpan informasi berupa elektronik dengan format digital serta mampu menjaga setiap catatan transaksi dengan aman dan juga terdesentralisasi.

Terdapat nya sistem yang sangat aman dan juga transparan sehingga menjadikan teknologi dari blockchain sendiri memiliki banyak manfaat di berbagai industri. Terdapat juga beberapa manfaat yang telah ditawarkan oleh blockchain sehingga ini pun menjadikan internet of value seperti transaksi permanen menjadi lebih terjamin akan kebenarannya, pemindahan kepemilikan token yang menjadi semakin lebih mudah, dan berbagai hal lain nya. Industri asuransi pun akan turut serta dalam pemanfaatan teknologi blockchain. Dengan bantuan blockchain, industri yang dimana berporos pada manajemen kepercayaan ini bisa secara pasti untuk memastikan identitas seseorang. Blockchain juga bisa digunakan untuk memverifikasi jenis data yang banyak di dalam kontrak asuransi. Seperti identitas akan orang yang diasuransikan. Yang mana resiko fraud dan juga penipuan pun dapat dihindarkan.

Kerja Dari Blockchain

Blockchain yang merupakan teknologi peer-to-peer di mana integritas informasi digital ini akan dilindungi. Blockchain yang memiliki peran sebagai buku besar transaksi yang sudah terdesentralisasi melalui jaringan peer-to-peer. Buku besar ini pun dapat mencatat setiap urutan transaksi dari awal hingga akhir. Tiap transaksi tersebut pun akan dimasukkan ke dalam blok dan untuk setiap bloknya akan saling terhubung satu dengan yang lainnya.

Daftar transaksi yang dikunci secara bersamaan dan juga penanda unik di setiap blok akan ditambahkan ke blok berikutnya. Sehingga dapat menciptakan rantai yang tidak bisa diubah. Sebuah blok biasanya akan terdiri dari berbagai informasi transaksi saat ini dan juga hash atau kode unik yang di dapatkan dari blok sebelumnya. Jika salah satu blok dirusak, maka akan dapat menyebabkan kode blok berubah sehingga akan membuat semua blok berikutnya menjadi tidak valid. Atau sperti jika salah satu blok dirusak maka semua kode blok berikutnya akan dihitung ulang. Sehingga ini mengartikan bahwa akan adanya kemungkinan bahwa rantai blok sudah disusupi. Untuk dapat mengatasi masalah ini, akan ada konsep yang disebut proof of work atau disingkat dengan POW.

Penerapan Atau Penggunaan Blockchain Di Kehidupan Sehari – Hari

Selain digunakan untuk pengembangan pada aset kripto, tentu saja teknologi blockchain ini banyak digunakan di berbagai bidang dalam kehidupan sehari – hari. Seperti :

  • Bidang Pemerintah

Teknologi blockchain menjadi suatu terobosan untuk pengembangan pada pelayanan publik dan sebagai bentuk layanan untuk semua kalangan agar dapat berinteraksi dengan mudah dan juga transparan. Berbagai contoh penerapan blockchain di bidang pemerintahan seperti :

  1. Berbagi Data Antar Instansi
    Penggunaan teknologi blockchain ini dapat memungkinkan untuk menyimpang berbagai data antar departemen yang terjadi dalam jaringan pribadi. Dengan memberikan autentifikasi pada setiap jaringan sehingga bisa bermanfaat untuk dapat membangun kepercayaan dan juga kerahasiaan.
  2. Pemungutan suara
    Pemungutan suara disini dapat dengan menggunakan fungsi dari smart contract yang terdapat dalam fitur blockchain. Pemilih nya akan menerima sebuah ID pemungutan suara yang memiliki fungsi untuk menjadi media verifikasi bahwa suaranya tersebut sudah terdaftar di blockchain dan terhitung menjadi suara yang sah.
  3. Kontrak Proyek
    Teknologi blockchain akan membantu dalam hal pemantauan yang dilakukan secara real-time dari layanan e-government. Ini juga akan berguna untuk pelaksanaan kontrak pemerintahan. Yang dimana terdapat empat langkah untuk dapat melaksanakan lelang kontrak proyek. Mulai dari persiapan dan penyerahan, penawaran dan seleksi, pemantauan pelaksanaan, dan juga langkah audit.
  4. Rekrutmen Sumber Daya Manusia
    Ketika sebuah organisasi membutuhkan seseorang untuk dapat mengisi posisi pekerjaan, maka tentu nya organisasi ini akan menerbitkan smart contract pada sistem blockchain. Sehingga tentu nya dapat membantu para pelamar kerja untuk bisa melihat lebih banyak informasi untuk setiap posisi pekerjaan yang tersedia.
  • Bidang Kesehatan

Penggunaan blockchain di dalam bidang kesehatan akan mencakup pada penelitian sebuah biomedis, mengenai asuransi kesehatan, catatan kesehatan yang berupa elektronik, pendidikan bidang kedokteran, proses penyediaan dan juga pengadaan obat, adapun kebutuhan pelayanan untuk para pasien.

  • Bidang Keuangan

Pada bidang keuangan blockchain menjadi sebuah utilitas. Hal ini dikarenakan blockchain bermanfaat untuk dapat menyederhanakan layanan perbankan dan juga kredit, mengurangi risiko, ataupun mengurangi waktu dalam memproses. Selain itu juga blockchain memungkinkan untuk dapat melacak dan juga melakukan tracking dalam setiap transaksi akuntansi.

By admin