Keunggulan Dari Melakukan Investasi Pada Bitcoin

Keunggulan Dari Melakukan Investasi Pada Bitcoin

Keunggulan Dari Melakukan Investasi Pada Bitcoin – Sebagian besar pasti sudah mengetahui dan tidak asing lagi dengan Bitcoin. Bitcoin yang merupakan salah satu alat transaksi yang menggunakan mata uang baru atau yang disebut dengan uang elektronik. Mata uang digital ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia, tak terkecuali di negara Indonesia sendiri. Sudah banyak yang melakukan ivestasi dengan Bitcoin, bahkan banyak yang berasal dari kalangan generasi milenial.

Banyak yang beranggapan bahwa keuntungan dari investasi Bitcoin sangat lah menggiurkan. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan valuasinya sangat luar biasa yang dapat dilihat dari waktu ke waktu. Bitcoin merupakan jenis mata uang digital yang dibuat pada Januari 2009 oleh salah satu anomim dan juga misterius yang dikenal akan nama samaran nya yaitu Satoshi Nakamoto.

Banyak yang mengolongkan bitcoin ini sebagai salah satu dari cryptocurrency atau mata uang kripto. Hal ini dikarenakan mata uang nya yang berupa digital yang dimana orang orang dapat menggunakannya untuk membeli suatu produk ataupun layanan. Sehingga semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan Bitcoin akan tercatat di dalam blockchain yang bersifat publik. Tetapi yang perlu diketahui bahwa tidak semua toko dapat dibeli dengan menggunakan Bitcoin. Bahkan terdapat juga beberapa negara yang melarang akan kehadiran dari mata uang ini.

Bitcoin sendiri memang tidak mempunyai bentuk fisik hanya berupa digital saja. Akan tetapi tetap saja Bitcoin memiliki popularitas yang tinggi. Dan juga diminati karena nilainya yang cenderung akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Sehingga tidak heran jika terdapat banyak orang yang tertarik untuk melakukan investasi dengan Bitcoin. Setiap Bitcoin akan disimpan ke dalam dompet digital baik itu di perangkat komputer ataupun smartphone. Bitcoin juga bisa disebut dengan BTC, yang mana ini merupakan singkatan dari Bitcoin.

Istilah Pada Bitcoin

Untuk dapat memahami dari cara kerja bitcoin tentu saja harus memahami beberapa istilah yang terdapat di dalam nya. Dan istilah tersebut antara lain yaitu :

  1. Blockchain
    Setiap transaksi dari Bitcoin akan tercatat di dalam blockchain yang memiliki sifat publik. Blockchain sendiri yang dimana terdiri dari setiap blok yang akan menampung setiao transaksi. Dan dimana masing masing blok ini akan saling terkait satu sama lain melalui kriptografi sehingga akan membentuk sebuah jaringan.
  2. Private Keys Dan Public KeysPublic keys ini akan dibutuhkan saat seseorang akan mengirimkan Bitcoin kepada orang lain. Seperti contoh jika ingin mengirimkan bitcoin kepada teman maka harus mengetahui public keys ini atau pun wallet address yang dimiliki orang tersebut. Alamat dompet ini biasanya akan berisikan nomor yang rumit. Sehingga tidak perlu menghafalnya karena ini terdapat pada internet.

    Adapun hal unik dari itu yaitu semua orang dapat melihat transaksi yang terjadi di Bitcoin tanpa mengetahui identitas dari setiap pemiliknya. Lalu orang tersebut ingin menerima pemberian dari Bitcoin yang sudah diberikan dan juga ingin langsung melakukan transaksi, maka dia bisa menggunakan private keys. Private keys disini adalah kunci rahasia yang dimana hanya pemilik nya sendiri yang dapat mengetahui nya.

  3. Bitcoin Miners
    Bitcoin miners atau merupakan penambang sempat menjadi hal yang populer di beberapa tahun terakhir ini. Yang mana saat akan menjalankan kerjanya Bitcoin ini hanya akan dibayar menggunakan Bitcoin dari usaha yang dilakukan dengan menambang dari mata uang digital itu.

Keunggulan Melakukan Investasi Pada Bitcoin

Salah satu kelemahan dari Bitcoin adalah kurangnya akan kebijakan dalam pengembalian uang seperti yang dimiliki dan dapat ditemukan di semua perusahaan kartu kredit ataupun jenis metode pembayaran lainnya. Hal ini yang tentu dapat mengakibatkan setiap pengguna nya dapat terkena penipuan saat melakukan transaksi dengan menggunakan Bitcoin. Dan dimana juga tidak dapat mengajukan pengembalian uang atau refund. Risiko ini menjadi hal yang harus dipahami dengan baik oleh setiap pengguna yang hendak akan menggunakan Bitcoin untuk dijadikan sebagai alat transaksi. Dan juga beberapa jenis mata uang kripto lainnya seperti Ripple sudah memiliki kebijakan akan pengembalian uang walaupun itu belum terjadi dengan sempurna.

Dan tak dapat dipungkiri bahwa harga dari Bitcoin ini memang mengalami kenaikan cukup intens dan juga tinggi. Nilai dari Bitcoin ini terus meningkat dengan cepat, bahkan sudah mencapai puncak tertinggi nya di akhir tahun 2017. Yang nilai pada valuasinya sudah mencapai Rp 275 juta untuk 1 Bitcoin saja. Dengan keadaan seperti ini makan tidak bisa dipungkiri bahwa berinvestasi pada Bitcoin memang cukup menggiurkan, tidak terkecuali untuk para kaum milenial yang ingin mencoba untuk berinvestasi. Dan tentu saja memilih berinvestasi pada bitcoin memiliki keunggulan. Dan beberapa keunggulan nya yaitu :

  • Pasar Mata Uang Crypto Yang Berkembang Dengan Baik

Sekarang ini perdagangan pada mata uang kripto sudah disertai dalam pengawasan kontrol regulasi yang dilakukan oleh institusi keuangan dan juga pemerintah. Dengan hadir nya regulasi ketat ini lah, keamanan dalam investasi bitcoin akan semakin terjamin.

  • Harga nya Berada Pada Titik Yang Stabil

Harga dalam Bitcoin mulai mencapai titik stabil dan dinilai dipastikan akan terus mengalami peningkatan. Sejauh ini pun transaksi dalam mata uang kripto dapat digunakan untuk menggantikan metode transfer uang konvensional untuk tujuan ke luar negeri. Walaupun memiliki berbagai keuntungan tentu saja tetap harus mengetahui dan juga mempelajari kelemahan dari investasi pada bitcoin ini.

Salah satunya kelemahan nya yaitu Bitcoin yang dapat menjadi aset dengan kategori yang memiliki risiko tinggi. Selain itu juga pasar perdagangan cryptocurrency yang masih sangat fluktuatif. Dan terdapat investor ternama yaitu Warren Buffet yang menilai bahwa Bitcoin bukanlah sebuah investasi. Yang mana menurut nya bahwa nilai pada Bitcoin hanya dapat mengalami peningkatan dengan cara dijual ataupun dibeli.

By admin